[Soal] Sistem Informasi Geografis

kompasiana.com

Jawablah pertanyaan berikut ini.


1. Tuliskan pemahamanmu tentang sistem informasi geografis! Sebuah sistem informasi yang dilakukan dengan menggunakan komputer untuk menentukan sebuah data, mengelola, maupun menyimpan sebuah data.


2. Tuliskan 3 manfaat SIG yang kamu rasakan dalam kehidupan sehari-hari! Untuk mengetahui potensi kemacetan di suatu wilayah, untuk pengawasan wilayah bencana, untuk mengetahui potensi dan persebaran penduduk.


3. Mengapa sistem informasi geografis penting dalam kehidupan sehari-hari? Karena SIG mampu mengakomodasi penyimpanan, pemrosesan, dan penayangan data spasial digital bahkan integrasi data yang beragam, mulai dari citra satelit, foto udara, peta bahkan data statistic.


4. Tuliskan pemanfaatan SIG dalam bidang sumber daya alam! SIG memiliki kegunaan meng inventarisasi manajemen dan kesesuaian lahan untuk pertanian, perkebunan, kehutanan, perencanaan tata guna lahan, menganalisis daerah persebaran tambang, dan sebagainya.


5. Tuliskan pemanfaatan SIG dalam bidang perencanaan ruang! Dapat digunakan untuk merencanakan pemukiman penduduk, perencanaan tata ruang wilayah, perencanaan kota, perencanaan lokasi dan relokasi industri, pasar, menganalisis daerah rawan bencana, dan sebagainya.

[Soal] Sistem Informasi Geografis