Protista Mirip Tumbuhan

  1. Mengapa ganggang disebut juga sebagai thallophyta? Ganggang adalah makhluk hidup sederhana yang menyerupai tumbuhan tingkat tinggi karena dapat berfotosintesis dan disebut thallophyta karena belum dapat dibedakan antara akar, batang dan daun, sehingga tubuhnya berupa talus atau tidak pasti.  Arti dari talofita/thallophyta adalah tumbuhan yang tubuhnya tersusun atas talus/belum terdiferensiasi antar akar batang dan daun.


  1. Mengapa Chlorophyta dianggap sebagai tetua kingdom plantae? Bagian yang jelas membedakan plantae dengan hewan atau lainnya adalah tumbuhan terdapat pigmen warna hijau yang paling sederhana. Makanya chlorophyta (tumbuhan berklorofil) disebut sebagai tetua kingdom plantae.

 

  1. Mengapa algae disebut sebagai dasar penyedia energi dalam jaring-jaring makanan? Karena algae juga dapat dikatakan sebagai fitoplankton (produsen) yang dapat menjadi makanan pada ikan. Dengan demikian alga menjadi dasar penyedia energi dalam jaring-jaring makanan.


Protista2.blogspot.com

Dictyostelium discoideum merupakan salah satu jenis Protista yang menyerupai jamur. Dictyostelium discoideum dapat melakukan reproduksi secara aseksual maupun seksual. Berdasarkan penggolongan protista yang menyerupai jamur, termasuk dalam kelompok apakah Dictyostelium discoideum? Dictyostelium discoideum termasuk ke dalam kelompok Myxomycotina (jamur lendir).


Bagaimanakah siklus hidup Dictyostelium discoideum pada fase seksual? Jelaskan! Struktur tubuh vegetatif berbentuk seperti lendir yang disebut plasmodium, dan bergerak secara ameboid. reproduksi dilakukan secara vegetatif dengan cara pembelahan biner. Jika telah dewasa plasmodium akan menuju tempat yang kering dan membentuk badan buah dan akan  membentuk kotak spora. Spora pecah dan dengan bantuan angin jatuh di tempat yang sesuai akan berkecambah dan membentuk sel gamet yang bersifat haploid. Sel gamet ini melakukan peleburan tipe singami. Hasil peleburan berupa zigot. Zigot tumbuh dewasa menjadi plasmodium kembali.


Intinya, dengan melihat siklus tersebut maka pada fase seksual, Dictyostelium discoideum akan memproduksi spora yang akan bertumbuh menjadi gamet kemudian melakukan singami dan menghasilkan zigot.

Protista Mirip Tumbuhan