Essay Sejarah Indonesia

1. Jelaskan pendapat anda, alasan bangsa proto melayu melakukan migrasi dari tempat asalnya ke wilayah-wilayah lain sampai nusantara! Nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan di Cina Selatan. Mereka termasuk rumpun bangsa Austronesia yang masuk ke  Indonesia secara bergelombang dan bertahap. Bangsa Austronesia yang masuk ke Indonesia disebut bangsa Melayu yang dibedakan menjadi dua macam, yaitu bangsa Proto Melayu dan bangsa Deutero Melayu.

Bangsa proto Melayu yang merupakan asal-muasal nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan (Cina bagian selatan). Kedatangan mereka disebabkan oleh desakan suku-suku liar yang berasal dari Asia Tengah, peperangan antarsuku yang memperebutkan wilayah, dan sering terjadinya bencana seperti meluapnya sungai.


2. Jelaskan pola kehidupan nomaden manusia purba! Manusia purba pada masa Paleolitikum dan Mesolitikum hidup nomaden dengan mengikuti binatang luar yang diburu dan dengan mengumpulkan makanan lainya dari buah-buahan dan tanaman liar. Pola kehidupan nomaden manusia purba adalah seorang pengembara, penggembala dan berburu yang hidupnya selalu berpindah pindah dari satu wilayah kewilayah dataran lainnya dan mampu beradaptasi dengan iklim yang berbeda kemudian menetap secara berkelompok dengan jangka waktu yang tidak bisa ditentukan.

3. Tuliskan pendapat anda tentang materi pembelajaran saat ini (Asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia, corak hidup masyarakat praaksara, dan perkembangan teknologi masa praaksara)! Materi pembelajaran saat ini cukup sulit karena sejarah masa lalu Indonesia sangat panjang dan banyak hal yang terdengar baru di telinga. Setiap materi merasa seperti diulang karena saling berhubungan, mulai dari materi manusia purba, perkembangannya, gaya hidup, dan asal-usul nenek moyang.

Essay Sejarah Indonesia