Ulangan Harian Teks Hikayat

1. Jelaskan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik serta berikan contoh dengan kalimatmu sendiri
- Alur (plot)Alur disebut juga plot, yaitu rangkaian peristiwa yang memiliki hubungan sebab akibat sehingga menjadi satu kesatuan yang padu bulat dan utuh. (Alkisah pada zaman dahulu hiduplah seorang raja di Tanah Jawa yang merupakan empat bersaudara.)

- Latar Suasana
Adalah keterangan tentang kondisi yang sedang dihadapi tokoh utama saat menghadapi sesuatu. (Kami sekeluarga sungguh gembira hati dikarunia seorang putra.)

- Latar Waktu
Berkatitan dengan kapan peristiwa dalam cerita terjadi. (Alkisah pada zaman dahulu kala ada raja di Tanah Jawa empat bersaudara.)

- Latar Tempat
Berkaitan dengan di mana peristiwa dalam cerita terjadi. (Pada zaman dahulu kala ada raja di Tanah Jawa empat bersaudra.)

- Watak Tokoh
Sifat dari tokoh atau karakter yang ada di dalam cerita. (Tapi tiga hari berlalu, tidak ada tanda-tanda keinginan keras Amak goyah.)

- Sudut Pandang
Point of view atau sudut liput adalah rentang sudut perspektif.

- Gaya bahasa atau majas
Menggunakan majas hiperbola. (Orang tuanya memeras keringat agar anak tersebut dapat terus menuntut ilmu.)

Nilai-Nilai (Unsur Ekstrinsik)
Religi (terdapat dalam pemujaan dewa)
- Kesabaran dan ketekunan (ketika sang Nata dan Permaisuri menyembah dewa selama 40 hari 40 malam)
- Kerukunan (terdapat dalam empat bersaudara yang berkasih-kasihan)
- Pengharapan (terdapat dalam keinginan Nata dan Permaisuri dalam mendapatkan anak.)

2. Jelaskan karakteristik hikayat selain yang ada di buku paket (5)

- Kemustahilan : kemustahilan dalam teks, baik dari segi bahasa maupun dari segi cerita. Kemustahilan berarti hal yang tidak logis atau tidak diterima nalar.

- Anonim : Anonim berarti tidak diketahui secara jelas nama pencerita atau pengarang. Hal tersebut disebabkan cerita disampaikan secara lisan.

- Kesaktian : seringkali dapat kita temukan kesaktian para tokoh dalam hikayat.

- Istanasentris : Hikayat seringkali bertema dan berlatar kerajaan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan tokoh yang diceritakan adalah raja dan anak raja. Selain itu, latar tempat dalam cerita tersebut adalah negeri yang dipimpin oleh raja serta istana dalam suatu kerajaan.

- Arkais : Bahasa yang digunakan sudah lampau. Jarang dipakai/tidak lazim digunakan dalam komunikasi masa kini.

3. Tuliskan langkah-langkah yang harus diperhatikan untuk mengembangkan hikayat menjadi sebuah cerpen! Pertama pilih hikayat yang ingin dikembangkan, lalu baca dan pahami isinya. Lalu buat ringkasam atau buat sinopsis penggalan hikayat tersebut. Kemudian buat daftar konflik antar tokoh-tokoh yang ada dalam cerita. Pilih konflik yang menarik (mengesankan) berdasarkan data konflik yang telah dibuat. Ingat, meskipun dalam hikayat bisa saja ada banyak konflik, tidak perlu memasukkan semuanya. Kembangkan pilihan konflik tersebut menjadi cerita pendek.

4. Jelaskan struktur hikayat
- Abstraksi
Adalah suatu ringkasan ataupun inti dari cerita, dimana akan dikembangkan menjadi rangkaian – rangkaian peristiwa maupun juga gambaran awal pada cerita. Abstrak bersifat opsional dimana artinya sebuah teks hikayat boleh tidak memakai abstrak ini.

- Orientasi
Orientasi merupakan bagian teks yang berkaitan dengan waktu, suasana, ataupun tempat yang berkaitan dengan hikayat tersebut.

- Komplikasi
Komplikasi biasanya berisikan urutan kejadian – kejadian yang dihubungkan secara sebab serta akibat. Pada bagian ini kita bisa mendapatkan karakter maupun watak dari tokoh cerita sebab kerumitan mulai bermunculan.

- Evaluasi
Konflik yang terjadi dimana mengarah pada klimaks mulai mendapatkan penyelesaiannya atas konflik tersebut.

- Resolusi
Di bagian ini si pengarang mengungkapkan solusi terhadap permasalahan yang telah dialami tokoh atau pelaku.

- Koda
Koda merupakan nilai maupun pelajaran yang bisa diambil dari suatu teks cerita oleh pembacanya.


Ulangan Harian Teks Hikayat