Peradaban Yunani Kuno

Setelah mempelajari materi Yunani Kuno, jawablah soal di bawah ini dengan penjelasannya!

arahfajar.com

1. Letak geografis Yunani
: Di perairan laut tengah bagian timur. Menjadi pusat aktivitas karena letaknya yang strategis.

2. Jelaskan asal usul bangsa Yunani!
: Pada awal tahun 3000 SM Di laut aegea tepatnya di pulau kreta telah berkembang sebuah peradaban yang maju yang akan menjadi cikal bakal peradaban yunani kuno. Peradaban tersebut ialah peradaban minoa. Pada dasarnya bangsa yunani merupakan percampuran darah antara para pendatang dari padang rumput sekitar laut kaspia dengan penduduk petani yang bermata pencaharian sebagai petani. Mereka tidak hanya menempati daratan yunani,tetapi menyebar sampai ke kepulauan di laut aegea dan bahkan ada yang menetap sampai di daerah asia barat. Setelah hidup menetap,mereka mendirikan negara-negara kota atau polis.

3. Jelaskan sistem pemerintahan Yunani Kuno!
: Aristoteles membagi Ke Dalam 1055 pemerintahan di Yunani menjadi beberapa bentuk, antara lain monarki, oligarki, tirani, dan demokrasi. Pembagian ini masih sering dipakai oleh sebagian besar sejarawan. Sebagian besar negara kota pada periode Arkaik menerapkan sistem oligarki, yang mana pemerintahan dipimpin oleh para aristokrat (orang kaya).

4. Sebutkan tokoh Yunani kuno dan ajaran filsafatnya!
: A. Thales (624-546 SM) Thales disebut bapak filsafat karena merupakan orang yang mula-mula berfilsafat, disini gelarnya di dapat karna sebuah pertanyaannya "apa sebenarnya bahan alam semesta ini"? Kemudian Thales menjawab "air" alasannya karena pentingnya air bagi kehidupan ia juga mengatakan bahwa bumi ini mengapung diatas air.

B. Anaximander antara (610-510 SM) Disebut murid Thales, berpendapat bahwa unsur yang asal itu adalah udara, dengan alasan bahwa udara merupakan sumber kehidupan.

C. Protagoras berpendapat bahwa manusia adalah ukuran kebenaran. Kebenarannya bersifat private, akibatnya tidak ada ukuran yang mutlak dalam etika, agama, mapun metaphisic.

D. Socrates (469-399 SM) dia dibenci karna dianggap sebagai perusak moral dan menolak tuhan serta agama yang ada pada saat itu. Berpendapat bahwa ada kebenaran obyektif yang tidak bergantung kepada satu atau kita, ia menggunakan metode dialektika.

E. Plato (427-347 SM) Plato lahir di Athena,murid dari teman socrates. Plato juga menggunakan dialog tetapi berbeda dengan socrates. Plato dengan teori idenya menurutnya tiap-tiap yang ada di dalam itu ada idenya, yaitu konsep universal dari tiap sesuatu.

5. Apa yang kamu ketahui tentang kepercayaan Yunani kuno?
: BangsaYunani menyembah dan percaya kepada banyakdewa dan dewi. Dewa-dewi itu berdiam di suatu gunung yang bernama Olimpia, di bawah pimpinan suatu dewa tertinggi yang bernama Zeus. Zeus adalah raja dari para dewa yang bisa mengendalikan cuaca. Kepercayaan yunani juga merupakan kumpulan beberapa mitologi. Keyakinan akan dewa- dewa dikaitkan dengan aktivitas sehari-hari bangsa yunani kuno.

6. Sebutkan warisan budaya Yunani kuno!
: Perlombaan Olimpiade, dan awal mula sistem demokrasi. Tidak hanya warisan budaya, Yunani kuno juga meninggalkan banyak bangunan kuno yang menjadi dasar seni arsitektur Eropa.

Peradaban Yunani Kuno