Peradaban Cina Kuno

 Soal Peradaban Cina Kuno

Berikan Jawaban dan Penjelasannya!


1. Letak Geografis Cina
Asia Timur, Sungai Hoang Ho, Sungai Yan Tze/Kuning bersumber di daerah pegunungan Kwen Lun, Tibet, Teluk Tsii-Li. Negara Cina ini terletak di bagian Timur benua Asia yang menghadap ke Samudra Pasifik.

2. Sistem pertanian dan teknologi
Pada masa Dinasti Cina, pertanian telah diusahakan secara intensif. Begitu juga dengan teknologinya. Kebutuhan hidup mereka terbuat dari barang tambang seperti batu bara, besi, timah, wolfram, emas, dan tembaga.

belajarsosial.com

3. Sistem pemerintahan Cina kuno
Sistem pemerintahan Feodal dan Unitaris. Dalam kehidupan kenegaraan Tiongkok kuno, ada dua macam sistem pemerintahan yang dianut yaitu feodal dan unitaris. Dalam sistem pemerintahan feodal, kaisar tidak menangani langsung urusan kenegaraan karena kedudukan kaisar bersifat sakral. Unitaris sendiri adalah lawan Feodalisme.

4. Tokoh dan ajaran filsafatnya
- Kon Fu Tze (Kong Fu Tse)
- Lao Tze (Lao Tse)
- Meng Tze
- Chuang Tze

Filsafat sisanya ada Yin-Yang, Moisme (didirikan oleh Mo Tse), Ming Chia (memakai bahasa yang tepat dan mengembangkan tatabahasa), dan Fa Chia (Kekuasaan politik dan undang- undang).

5. Kepercayaan Cina Kuno
Mereka memuja terhadap Dewa Langit yang disebut Shang Ti. Kepercayaan memuja Dewa Langit tersebut adalah kepercayaan pada masa peradaban Sungai Kuning (Hwang Ho). Mereka memuja Dewa Shang Ti.

Peradaban Cina Kuno