Penginderaan Jauh

 A. Pengertian

Ilmu dan seni (teknologi) untuk memperoleh informasi tentang objek, daerah, atau gejala dengan jalan menganalisa data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung terhadap objek, daerah, atau gejala yang dikaji.

Penginderaan Jauh Menurut Para Ahli

American Society of Photogrammetry
Penginderaan jauh merupakan pengukuran atau perolehan informasi dari beberapa sifat objek atau fenomena, dengan menggunakan alat perekam yang secara fisik tidak terjadi kontak langsung dengan objek atau fenomena yang dikaji.

Avery
Penginderaan jauh merupakan upaya untuk memperoleh, menunjukkan (mengidentifikasi) dan menganalisis objek dengan sensor pada posisi pengamatan daerah kajian.

Campbell
Penginderaan jauh adalah ilmu untuk mendapatkan informasi mengenai permukaan bumi seperti lahan dan air dari citra yang diperoleh dari jarak jauh.

Colwell
Penginderaaan Jauh yaitu suatu pengukuran atau perolehan data pada objek di permukaan bumi dari satelit atau instrumen lain di atas atau jauh dari objek yang diindera.

Curran
Penginderaan Jauh yaitu penggunaan sensor radiasi elektromagnetik untuk merekam gambar lingkungan bumi yang dapat diinterpretasikan sehingga menghasilkan informasi yang berguna.

Lillesand dan Kiefer
Penginderaan Jauh adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang objek, wilayah, atau gejala dengan cara menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung terhadap objek, wilayah, atau gejala yang dikaji.

Lindgren
Penginderaan jauh yaitu berbagai teknik yang dikembangkan untuk perolehan dan analisis informasi tentang bumi.

Welson dan Bufon
Penginderaan jauh adalah sebagai suatu ilmu, seni dan teknik untuk memperoleh objek, area dan gejala dengan menggunakan alat dan tanpa kontak langsung dengan objek, area dan gejala tersebut.

*Nama lain Penginderaan Jauh adalah PJ, Inderaja, atau Remote Sensing.

satelit

B. Cara Kerja

Komponen penginderaan jauh terdiri dari sumber tenaga, atmosfer, interaksi antara tenaga dan objek, sensor dan wahana, perolehan data. Secara ilustrasi seperti gambar dibawah ini.
Secara sederhana sumber energi memancarkan gelombang elektromagnetik ke objek di permukaan bumi. Gelombang elektromagnetik yang diterima oleh objek sebagian dipantulkan (reflektan) dan terekam oleh sensor pada wahana. Data yang terekam selanjutnya ditransfer ke stasiun penerima di bumi, setelah itu data tersebut diolah sesuai dengan kebutuhan lapangan.

Sumber tenaga dibagi menjadi dua;
1. Sistem pasif, bersumber dari tenaga elektromagnetik yang berasal dari sinar matahari (hanya bisa digunakan saat siang sampai sore hari saja).
2. Sumber aktif, bersumber dari gelombang elektronik buatan yang digunakan untuk memancarkan cahaya (berupa gelombang mikro).

Wahana adalah kendaraan yang digunakan untuk membawa sensor guna mendapatkan data inderaja. Seperti yang terlihat  gambar di bawah, semakin tinggi wahana maka jangkauannya semakin luas.


 *Biar lebih mudah, Penginderaan Jauh itu seperti melakukan selfie namun objeknya adalah permukaan bumi.

Atmosfer
Fungsi atmosfer menyerap, memantulkan dan melewatkan radiasi elektromagnetik. Di dalam penginderaan jauh terdapat istilah Jendela Atmosfer, yaitu bagian spektrum elektromagnetik yang dapat mencapai bumi.

Sifat Objek
Pantulan dan pancaran -> banyak -> terang
Pantulan dan pancaran -> sedikit -> gelap

*Contoh yang sedikit -> gelap adalah penampakan wilayah air

Sensor (alat rekam)

- Sistem Fotografik, menggunakan kamera untuk menghasilkan citra foto
- Sistem Elektronik, menggunakan sanner untuk menghasilkan citra non foto

citra foto

citra elektromagnetik

Data, data dibagi menjadi dua;

1. Data Visual, berupa foto
2. Data Digital, berupa file komputer atau semacamnya dan biasanya masih butuh proses sebelum bisa dipakai

Pengguna data (user), orang yang memanfaatkan hasil dari Penginderaan Jauh (orang yang menggunakan google map, orang yang ingin membangun gedung biasanya menggunakan untuk melihat lokasi sekitar yang akan dibangun, dan sebagai perhitungan apakah objek tersebut dapat terkena bencana).

Penginderaan Jauh