Manusia purba

1. Meganthropus Palaeojavanicus

Manusia purba tertua dari Jawa yang ditemukan oleh Von Keonigswalddisangiran pada tahun 1936. Memiliki ciri-ciri berbadan tegap dengan tonjolan di belakang kepala, bertulang pipi tebal, tidak berdagu, otot kunyah, gigi, dan rahang besar dan kuat.

2. Pithecanthropus Erectus

Nama ini didasarkan pada fosil yang ditemukan yaitu tulang paha, tulang rahang, dan gerahan atas bagian tengkorak. Ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1891 di Jawa Timur. Memiliki ciri-ciri badan tegap tapi tidak setegap Meganthropus, tinggi badannya sekitar 160-180 cm, tulang rahang kuat, dan bagian kening menonjol.

3.  Pithecanthropus Mojokertensis

pithecanthropus mojokertensis artinya manusia kera yang berasal dari mojokerto. fosilnya berupa tengkorak anak anak. pithecanthropus mojokertensis ditemukan oleh Van koegniswald pada tahun1936- 1941 di daerah Perning Mojokerto. Memiliki ciri-ciri badan tegap tapi tidak setegap Meganthropus, tinggi badannya sekitar 160-180 cm, tulang rahang kuat, dan bagian kening menonjol.

Ciri-ciri manusia purba jenis homo :

Tinggi tubuh 130-210 sentimeter Otak lebih berkembang dari Meganthropus dan Pithecanthropus Otot kunyah, gigi, dan rahang sudah menyusut Tonjolan kening sudah berkurang dan sudah berdagu Tampilannya seperti orang dari ras Mongloid dan Austramelanosoid.

4. Homo soloensis

Ditemukan oleh Van koegniswald didesa ngandong, lembah bengawan solo tahun 1931-1934. fosil ini berupa tengkorak, tulang rahang, dan gigi. manusia jenis ini lebih tinggi tingkatnya bila dibandingkan dengan manusia jenis pithecanthropus erectus. Memiliki ciri-ciri 

5. Homo wajakensis

Ditemukan ole Eugene Dubois di wajak ,tulung agung, jawa timur pada tahun 1889. fosil yang ditemukan antara lain berupa tengkorak, rahang atas dan rahang bawah, tulang kering, setra tulang paha. homo wajakensis memiliki tingkat kesempurnaan yang lebih tinggi dari pada pithecanthropus erectus. termasuk juga dalam jenis Homo sapiens.

6. Homo sapiens

homo sapiens berasal dari kata homo(manusia)dan sapiens(cerdas). jadi homo sapiens berarti manusia cerdas. homo sapiens ini hidup di zaman holosin. ditemukan di sangiran, jawa tengah oleh Van Rietschoten. homo sapiens merupakan jenis manusia pourba yang memiliki bentuk tubuh yang sempurna seperti manusia sekarang. para peneliti menganggap manusia jenis inilah yang menjadi nenek moyang bangsa bangsa di dunia.

Manusia purba yang ditemukan di luar negeri.

1. Australhophiteus Africanus

Manusia asal Afrika Selatan yang ditemukan oleh Raymond Dart pada tahun 1924. Memiliki ciri-ciri badan yang ramping, dan Strukyur hominid dari gigi dan rahang lebih kuat dan tebal.

2. Manusia Neandertal

Ditemukan oleh Rudolf virchow di Jerman pada tahun 1956. neandertal memiliki ciri-ciri relatif lebih pendek, tulang belinkat membungkuk, dan dahi rendah dengan oksipital sanggul.

3. Ardipithecus Ramidus 

Fosil manusia purba ini ditemukan di Ethiopia, Afrika bagian timur, oleh Yohannes Haile Selassie di tahun 1994 dan sering dipanggil “Ardi”. Bagian tubuhnya yang tersisa berupa tengkorak, gigi, tulang panggul, tangan, dan kaki yang berjumlah 35 bagian.

4. Homo Rhodesiensis 

Penambang bernama Tom Zwiglaar di tahun 1921 tidak sengaja menemuka fosil Homo Rhodesiensis saat sedang mencari bijih besi di gua-gua di Rhodesia Utara (sekarang Zambia), Afrika Timur. Ciri fisiknya antara lain memiliki bagian punggung alis yang besar dan lebar, hidung besar, kening menonjol, dan tonjolan di bagian belakang tengkorak. Selain itu, mereka juga sudah berjalan tegak, sehingga disebut sebagai African Neanderthal.

Manusia purba