Eksposisi


Eksposisi

1. Pengertian
Teks eksposisi adalah sebuah teks karangan atau paragraf yang mengandung informasi yang digambarkan dalam bentuk yang padat, singkat dan jelas. 

2. Struktur
Tesis : pernyataan awal penulis > berupa pendapat/opini,
Argumentasi : berisi fakta yang dipertegas dengan alasan yang meyakinkan >  tujuannya untuk mendukung pernyataan penulis,
Penegasan ulang : berisi pendapat akhir yang sudah dijadikan sebelumnya untuk mengetahui pembaca tentang kebenaran pernyataan penulis.

3. Fakta dan opini
Fakta adalah hal yang benar benar terjadi di kehidupan nyata. Contohnya 1 hari ada 24 jam.
Opini adalah pendapat seseorang yang belum pasti kebenarannya. Contohnya menurut saya perabotan dari melamin kurang aman.

4 . Perbedaan fakta dan opini
Fakta adalah sesuatu yang sudah tentu benar karena berdasarkan kenyataan sementara Opini adalah sesuatu yang kebenarannya masih dipertanyakan karena lahir dari pendapat atau buah pikir seseorang.
 
5. Pengertian pendapat
Pendapat merupakan sebuah pandangan atau buah pikiran seseorang terhadap suatu kebenaran dan kebenarannya relatif karena dipengaruhi unsur pribadi dan menurut pandangan masing-masing individu, baik berupa penilaian maupun saran.

6. Pengertian gagasan pokok dan penjelas
Gagasan pokok : gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf.
Gagasan penjelas: gagasan yang fungsinya menjelaskan gagasan utama. Gagasan penjelas umumnya dinyatakan oleh lebih dari satu kalimat. Kalimat yang mengandung gagasan penjelas disebut kalimat penjelas.

7. Unsur kebahasaan teks eksposisi
-Pronomina atau kata ganti adalah jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina. Contoh : Warga komunitas, termasuk kita semua sebagai rakyat Indonesia akan dituntut plurilingual untuk memiliki kompetensi berbahasa negara lain.

-Konjungsi disebut juga dengan kata penghubung, yaitu kata yang digunakan dengan untuk tujuan memperkuat argumentasi di dalam teks tersebut. Contoh kalimat : Kita akan memesan kopi atau teh?

-Jenis kata leksikal, khususnya pada unsur kebahasaan teks eksposisi adalah sebagai berikut;

Nomina, yaitu kata yang digunakan untuk merujuk sebuah benda, baik benda yang bersifat nyata maupun benda yang bersifat abstrak. Contoh kalimat : Beliau merupakan kepala desa yang sangat baik sekaligus pahlawan bagi kemajuan desa.

Verba, yaitu kata yang digunakan untuk merujuk suatu pergerakan yang dilakukan oleh pelaku, seperti perbuatan, kegiatan atau proses. Verba bukanlah sebuah sifat. Contoh kalimat :  Aku mencuci piring.

Adjektiv, yaitu kata yang digunakan untuk merujuk pada sebuah sifat atau pun keadaan benda. Benda tersebut meliputi seseorang, binatang, atau benda pada umumnya. Contoh kalimat : Televisi itu kini sudah tidak bisa dinyalakan karena rusak.

Adverbia, yaitu kata yang bersifat melengkapi. Contoh adverbial adalah keterangan waktu, tempat, suasana, cara, alat, dan lain sebagainya. Contoh kalimat : Saat ini langit mulai gelap jam menunjukkan pukul 6 sore.

Eksposisi