Rancangan Promosi Produk Makanan Soto Betawi
Materi: Promosi produk hasil usaha makanan khas daerah (hal. 211)
Soto Betawi merupakan soto yang khas dari daerah DKI Jakarta. Seperti halnya Soto Madura dan Soto Sulung, soto Betawi juga menggunakan jeroan. Selain jeroan, seringkali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, torpedo, dan juga hati. Daging sapi juga menjadi bahan campuran dalam soto Betawi.
Daging yang digunakan untuk mengolah soto Betawi Anda dapat menggunakan daging sandung lamur. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan aneka jeroan seperti babat dan paru. Rebus daging dalam air secukupnya hingga empuk. Sisa air rebusan dapat dijadikan kaldu sehingga kuah sotonya akan semakin gurih.
Memang sudah banyak sekali rumah makan Betawi yang pastinya menyediakan makanan ini, namun saya tetap akan membuat usaha ini dengan menggunakan orang asli Betawi yang memasak dan menggunakan strategi promosi sebagai berikut:
Jenis Promosi
Periklanan (advertising), dengan cara ini saya akan memasarkan produk melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan lain-lain secara online. Rumah makan kami jadi bisa menyediakan jasa pesan-antar dengan cara ini.
Selanjutnya kami akan menggunakan cara jenis Promosi Penjualan (sales promotion) yaitu dengan promosi berupa ‘Kalau Makan di Tempat, Boleh Tambah Nasi Sepuasnya’ dan ‘Khusus Hari Jumat, Satu Porsi Soto Jadi Setengah Harga’.
Karena imbas dari menggunakan cara kedua, maka kami juga akan menggunakan jenis Hubungan Masyarakat (publisitas) dengan membuat wawancara yang berjudul ‘Warung Soto Menjual Setengah Harga di Hari Jumat’ lalu menyebarkannya di media massa.
Tujuan Promosi
Memberikan daya tarik khusus bagi para pelanggan. Rumah makan yang akan saya buat juga menggunakan pesan-antar melalui online, dengan cara ini kami bisa meminimalisir antrian di tempat yang akhirnya membuat pelanggan merasa nyaman karena tidak perlu berdesakan.
Meningkatkan angka penjualan. Saya akan membangun rumah makan ini di jakarta yang mana penduduknya sangat padat sampai membuat banyak tempat makan penuh ketika waktu istirahat makan siang. Maka dari itu kami akan meningkat angka penjualan demi memenuhi kebutuhan konsumen.
Membangun loyalitas konsumen. Daya tarik khusus atau meningkatkan angka penjualan saja belum cukup untuk menggaet pelanggan baru, maka dari itu kami akan menggunakan cara ini agar terciptanya pelanggan tetap yaitu dengan cara “Kalau Makan di Tempat, Boleh Tambah Nasi Sepuasnya’ dan ‘Khusus Hari Jumat, Satu Porsi Soto Jadi Setengah Harga’.
Sasaran Promosi
Mulut ke mulut atau testimonial, untuk menciptakan cara ini kami akan membantu acara tertentu seperti arisan ibu-ibu atau kerja bakti dengan memberikan produk dan identitas rumah makan kami. Bila orang-orang menyukainya, maka produk kami akan langsung menyebar begitu saja.
Rumah makan saya berencana menggunakan cara Promosi melalui jejaring sosial (seperti Instagram, Facebook, dan lain-lain) untuk memasarkan produk secara online. Rumah makan kami jadi bisa menyediakan jasa pesan-antar dengan cara ini. Kami juga akan rajin mengunggah berita tentang rumah makan kami baik itu untuk produk atau tempat ke media sosial.
Ketika menyebutkan akan menghubungkan rumah makan kami dengan media sosial tentunya juga dengan membuat Blog dan Video tentang keistimewaan makanan yang kami buat ke media sosial. Menggunakan cara ini akan membuat brand rumah makan kami sendiri yang akhirnya nanti kami akan menambah menu lain.
Teknik Promosi
Teknik promosi yang digunakan adalah Promosi Penjualan (sales promotion) seperti yang yang sudah dijelaskan di atas. Rumah makan kami akan menggunakan media sosial seperti facebook dan instagram, namun tidak melupakan promosi langsung dari mulut ke mulut. Kami juga memberikan event potongan harga di hari Jumat, untuk produk makanan cara ini saja sudah cukup.