Makalah Strategi Promosi Produk

PROPOSAL PKWU 

Strategi Promosi Produk




KATA PENGANTAR

Puja dan puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Makalah yang kami buat dan susun membahas tentang strategi promosi produk. 

Sebelumnya kami ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Pak Agus Nugroho,S.Pd, yang telah memberi kami kesempatan dan membimbing untuk mempelajari dan memahami materi strategi promosi produk. Kami berharap makalah ini dapat diterima dan dapat dipahami oleh bapak dan teman-teman semua serta dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Sebelumnya kami meminta jika ada yang salah dari makalah yang kami buat karena kami menyadari bahwa makalah yang kami buat jauh dari kata sempurna.


Jakarta,14 Oktober 2021


BAB I 

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang 

Promosi adalah salah satu dari sekian rangkaian kegiatan pemasaran suatu barang. Promosi adalah kegiatan di bidang marketing yang merupakan komunikasi antar perusahaan terhadap para konsumen, yang bisa dilaksanakan dengan berbagai macam cara seperti melalui pemberitaan,membujuk, mengajak dan mempengaruhi para konsumen agar tertarik dan memiliki minat untuk membeli barang yang ditawarkan /dijual oleh perusahaan. Segala kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan volume penjualan dengan menarik minat konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli di perusahaan tersebut.

 

Promosi penjualan sebenarnya memiliki banyak tujuan yang beraneka ragam, seperti meningkatkan hasrat konsumen untuk mencoba dan melihat produk, peningkatan pembelian konsumen dari hanya membeli 1-2 produk menjadi lebih banyak, membentuk goodwill dan juga merangsang permintaan konsumen. Selain itu promosi juga bisa mendorong konsumen untuk beralih dari merek tertentu menjadi merek perusahaan yang membuat promosi penjualan selain itu dapat juga menarik pelanggan baru dan mempengaruhinya untuk mencoba produk.



B. Tujuan 

Tujuan penulisan makalah antara lain : 

  1. Merencanakan promosi 

  2. Menentukan strategi promosi 

  3. Dapat lebih mengenal para konsumen dan pesaing 

  4. Menentukan media dan cara yang digunakan untuk promosi 



BAB II

PEMBAHASAN 

A. Rencana Promosi


Perencanaan Promosi adalah proses mengoptimalkan pemanfaatan alat pemasaran, strategi, sumber daya untuk mempromosikan produk dan layanan dengan maksud untuk menghasilkan permintaan dan memenuhi tujuan yang ditetapkan. Perencanaan promosi yang optimal memiliki beberapa langkah.


  1. Identifikasi kebutuhan

Pertama-tama manajemen pemasaran harus mengidentifikasi kebutuhan untuk promosi dan mempertimbangkan hal-hal berikut

• Produk / Layanan apa yang akan dipromosikan?

• Siapa audiens target promosi?

• Berapa anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan promosi?

• Pesan apa yang ingin disampaikan kepada calon pembeli?

• Strategi pemasaran apa yang harus diadopsi?

• Alat analisis apa saja yang akan digunakan?


  1. Tentukan tujuan promosi yang terperinci

Tujuan akhir dari rencana promosi ini adalah untuk menjadi tujuan dari semua upaya promosi yang dilakukan untuk menentukan berhasil atau tidaknya proses promosi anda


  1. Desain untuk berbagai promosi

Setelah sasaran calon pelanggan ditetapkan. Selanjutnya dari calon pembeli tersebut anda dapat memilih atau menentukan alat promosi yang cocok dan sesuai (iklan, penjualan pribadi< promosi penjualan dll). Manajemen marketing juga harus berhati- hati dalam menganalisis semua total biaya dan efek yang terkait dari setiap elemen pemasaran sebelum membuat pilihan terakhir.


  1. Buat program promosi penjualan

Ini adalah langkah paling penting dari perencanaan promosi yang mengharuskan manajemen untuk memutuskan durasi waktu promosi, yaitu untuk berapa lama alat promosi akan digunakan. Sementara memutuskan rencana promosi penjualan, buatlah anggaran pemasaran keseluruhan bersama dengan aturan kelayakan dan ukuran insentif harus dipertimbangkan.


  1. Pre-testing (Pra-pengujian)

 Di sini manajemen pemasaran meneliti efektivitas biaya rencana promosi, masalah yang terjadi saat uji coba, tingkat response pelanggan, dll. Setelah rencana promosi penjualan disiapkan, langkah selanjutnya adalah uji coba promosi di beberapa segmen pasar yang terpilih untuk mengidentifikasikan potensi atau masalah sebelum diluncurkan.


  1.  Implementasi

Setelah rencana promosi diuji, promosi siap diluncurkan di pasar yang sebenarnya disini manajemen harus bersiap mengurus dua faktor penting, yaitu Lead Time dan Sell-in Time.


  1. Pemantauan dan evaluasi

Kinerja rencana promosi diperiksa terhadap standar dan tujuan yang ditetapkan serta sesuai dengan tindakan korektif yang diambil. Gunakan metode kuantitatif agar hasil pengukuran menjadi aktual. 


B. Strategi dan media promosi

 

Strategi promosi penjualan memiliki Dua sifat yaitu : 

  1. Komunikatif : bertujuan memberi informasi dan menarik perhatian konsumen,

  2. Insentif : bertujuan untuk mempengaruhi pelanggan dengan nilai dan keistimewaan tertentu dan mengundang agar pembelian terjadi di saat atau setelah promosi yang dilakukan 

Dibawah ini adalah beberapa media yang kita bisa gunakan sebagai media promosi 

  1. Media Sosial

Media sosial bisa menjadi strategi promosi yang kuat, apalagi di saat saat seperti sekarang hampir semua promosi penjualan dilakukan di media sosial, dari brand-brand kecil sampai brand-brand terkenal pasti memakai sosial media. Alasannya adalah karena penggunaan media sosial sebagai media promosi penjualan dapat menyampaikan pesan atau produk ke konsumen dengan lebih cepat, mudah dan efisien. 

  1. Membuat website untuk menjual barang kerajinan

Untuk memasarkan dan menjual produk juga bisa dilakukan melalui website atau blog. Dengan ini produk yang kita jual lebih mudah untuk dicapai dan dibeli oleh pembeli dari jarak yang jauh. Web juga berisikan detail produk yang kita jual

  1. Memanfaatkan Iklan Gratis

Di era sekarang internet telah menyediakan berbagai platform untuk dijadikan sebagai media iklan produk yang gratis. Penggunaan iklan gratis juga lebih menjangkau banyak konsumen karena orang yang awalnya tidak tertarik membeli setelah melihat iklan menjadi ingin membeli produk

  1. Publisitas (Publicity) 

Suatu bentuk promosi non personal mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha dengan mengulas informasi/berita ( umumnya bersifat ilmiah ). 

  1. Pemasaran Langsung (Direct marketing) 

Salah satu bentuk penjualan perseorangan secara langsung yang bertujuan mempengaruhi konsumen untuk membeli produk secara langsung. Hal ini bisa lebih efektif karena konsumen bisa bertanya seputar produk.

  1. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling) 

Bentuk promosi secara personal dengan kekuatan presentasi lisan dalam suatu percakapan antar calon konsumen dengan penjual untuk membujuknya membeli produk.

  1. Brosur 

Brosur adalah buku yang diterbitkan secara tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, brosur juga memiliki fungsi yang penting terutama dalam hal pemasaran dan promosi. 

  1. Poster

Poster adalah salah satu media yang digunakan untuk melakukan promosi yang paling umum digunakan dan banyak dijumpai di tempat-tempat umum yang strategis. Ukurannya relatif besar, poster sangat berpotensi menarik perhatian pembaca yang mengarah pada pesan merek.

  1. Banner

Banner adalah suatu media promosi/ publikasi yang dicetak menggunakan print digital dengan ukuran tertentu dan berbentuk portrait atau vertikal. Dipasang pada tempat-tempat yang mudah dilihat orang.

  1. Televisi 

Televisi adalah sarana untuk melakukan promosi yang paling banyak menarik banyak pelanggan. Media promosi yang satu ini bisa menampung banyak iklan. Namun cenderung lebih mahal dan hanya ditayangkan beberapa menit saja.

  1. Merchandise

Merchandise merupakan bentuk produk yang menampilkan nama perusahaan atau brand, logo dan profil lainnya, yang diberikan kepada konsumen. Barang yang lazim digunakan untuk merchandise biasanya : baju, gelas/mug, gantungan kunci dsb


Untuk strategi kerajinan bisa dilakukan dengan cara yang berbeda. Beberapa strategi khusus untuk pemasarannya sebagai berikut : 

  1. Membuat produk yang khas dan unik agar para konsumen lebih tertarik

  2. Mengikuti berbagai pameran atau acara tentang kerajinan tangan 

  3. Mendaftarkan produk hasil kerajinan ke lembaga terkait agar produk tersebut memiliki hak paten

  4. Mencari dan memilih nama yang belum pernah ada sebelumnya untuk membantu branding sehingga terlihat unik.





BAB III

PENUTUP

  1. Kesimpulan 

Promosi adalah salah satu dari sekian rangkaian kegiatan pemasaran suatu barang. Dalam kegiatan promosi hal yang harus dilakukan adalah membuat perencanaan promosi, ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan alat pemasaran, strategi, sumber daya untuk mempromosikan produk dan layanan dengan maksud untuk menghasilkan permintaan dan memenuhi tujuan yang ditetapkan. Langkah-langkah perencanaan promosi dimulai dengan, identifikasi kebutuhan, tujuan promosi yang terperinci, desain untuk berbagai promosi, program promosi penjualan, pre testing (pra-pengujian), implementasi, dan langkah terakhir yaitu pemantauan dan evaluasi. Promosi juga membutuhkan strategi dan media. Strategi promosi memiliki dua sifat yaitu Komunikatif dan Insentif, dan  media yang bisa digunakan antara lain, Media Sosial, website, iklan (free ads), publisitas, direct marketing, personal selling, brosur, poster, banner, tevelision ads, dan merchandise. Dengan ini kita dapat membuat sebuah strategi promosi yang terstruktur dan menarik. 


  1. Penutup 

Demikianlah isi makalah yang telah kami buat bersama-sama mengenai strategi promosi. Kami berharap dengan membaca makalah yang kami buat, pembaca dapat mengerti tentang strategi promosi dan dapat merelasikan dalam perencanaan usaha yang ingin dilakukan.

Makalah Strategi Promosi Produk