Peradaban India Kuno

SOAL PERADABAN INDIA KUNO

BERIKAN PENJELASAN DAN SUMBERNYA

NO

SOAL

ISI

ANALISIS JAWABAN

1

APA YANG KAMU KETAHUI TENTANG SUKU DRAVIDA?

Bangsa Dravida adalah bangsa kulit hitam yang pertama kali mendiami India, tepatnya di lembah Sungai Indus sekitar 5000 tahun lalu. Peradaban Dravida di India berakhir seiring kedatangan bangsa Arya (kulit putih) sekitar 4000 tahun lalu, selanjutnya karena terdesak, bangsa Dravida beralih ke selatan, dan kini sisa-sisa suku mereka ada di India bagian selatan dan Sri Lanka.

Suku Dravida adalah suku pertama yang membangun India sebelum akhirnya berakhir dan digantikan oleh suku Arya. Peninggalan Suku Dravida antara lain adalah bangunan, jalan, saluran air, kerajinan patung dan tulisan berbentuk simbol-simbol yang diukir pada batu dan logam.

2.

JELASKAN LETAK GEOGRAFIS INDIA!

  • Wilayah India utara langsung berbatasan dengan Cina, Nepal dan Bhutan.

  • Wilayah India selatan langsung berbatasan dengan negara Sri Lanka serta Samudera Hindia.

  • Wilayah India timur langsung berbatasan dengan beberapa negara seperti Myanmar, Teluk Benggala dan Bangladesh.

  • Wilayah India barat langsung berbatasan dengan negara Pakistan dan Laut Arab.

Menilik dari segi sejarahnya, India dulunya dijajah oleh Inggris kurang lebih 300 tahun lamanya. Kemudian di tanggal 15 Agustus 1947 India akhirnya bisa memperoleh kemerdekaan. Saat itu India masih menjadi satu dengan negara Pakistan. Meski demikian kini India sudah berpisah dari negara Pakistan dan ibukota India adalah New Delhi. 

3

SEBUTKAN HASIL BUDAYA INDIA KUNO

DAN GAMBARNYA!

  1. Candi Matahari di Modhera, India.



  1. Harappa


  1. Arsitektur Hoysala

    

Semua peninggalan kuno tersebut adalah buatan dari suku-suku atau bangsa yang pernah mendiami India. Salah satu contohnya adalah Arsitektur Hoysala, gaya bangunan yang berkembang di bawah kepemimpinan kekaisaran Hoysala pada abad ke 11. 

4

SEBAB RUNTUHNYA HASIL PERADABAN INDIA KUNO

Peradaban India Kuno dibangun di sekitaran Sungai Indus karena di sana memiliki sumber air dan tanah yang subur. Peradaban Lembah Sungai Indus mengalami keruntuhan pada tahun 1500 SM. Keruntuhan tersebut disebabkan karena adanya banjir Sungai Indus dan adanya serangan dari bangsa Arya yang berasal dari Asia Tengah. Sedangkan bangsa Arya menjadi penghuni baru Lembah Sungai Indus.


Selain runtuh karena faktor alam, peradaban India Kuno khususnya di Sungai Indus juga mendapatkan tekanan atau serangan dari bangsa Arya. 

5.

APA YANG KAMU KETAHUI TENTANG MOHENJO DARO DAN HARAPPA?

Mohenjo-daro adalah salah satu situs dari sisa-sisa permukiman terbesar dari Kebudayaan Lembah Sungai Indus, yang terletak di propinsi Sind, Pakistan. Dibangun pada sekitar tahun 2600 SM, kota ini adalah salah satu permukiman kota pertama di dunia, bersamaan dengan peradaban  Mesir Kuno,  Mesopotamia dan Yunani Kuno. Harappa ialah sebuah kota di Punjab, timur laut Pakistan sekitar 35 km tenggara Sahiwal. Kota ini terletak di bantaran bekas Sungai Ravi. Munculnya peradaban Harappa lebih awal dibanding kitab Veda, saat itu bangsa Arya belum sampai India. 

Mohenjodaro dan Harappa merupakan kota terbesar yang berada di lembah sungai Indus. Mohenjo-daro dan Harappa merupakan peradaban yang tinggi nilainya, yang ditandai dengan adanya kota yang teratur penataannya. Rancangan kota Mohenjodaro dan Harappa termasuk kota pertama di dunia yaitu menggunakan sanitasi sistem. 



Untuk penjelasan Power Point klik di sini

Peradaban India Kuno