Pengertian, fungsi, tujuan, isi, dan ciri-ciri teks anekdot

 Kerjakan tugas di bawah ini dengan teliti:

  1. Pengertian teks anekdot

= Teks Anekdot adalah cerita singkat yang di dalamnya mengandung unsur lucu dan mempunyai maksud untuk melakukan kritikan. Teks anekdot biasanya bertopik tentang layanan publik, politik, lingkungan, dan sosial.


Sumber gambar : study.com



  1. Struktur teks anekdot jelaskan

        = Abstraksi, Abstraksi menjadi struktur teks humor paling awal yang ada dalam sebuah teks bernama anekdot. Abstrak ditaruh di awal paragraf dengan fungsi untuk menggambarkan mengenai teks tersebut secara umum agar pembaca dapat membayangkan.

  • Orientasi, Orientasi merupakan awal kejadian pada cerita atau juga bagian yang menjelaskan latar belakang mengapa peristiwa utama dalam cerita dapat terjadi.

  • Krisis, Struktur teks anekdot berikutnya adalah Krisis. Krisis merupakan bagian yang menjelaskan mengenai pokok masalah utama dengan warna unik juga tidak biasa. Atau bahkan terjadi pasa penulisnya sendiri.

  • Reaksi, Reaksi berhubungan besar dengan struktur krisis. Reaksi adalah bagian yang akan melengkapi berupa penyelasaian masalah menggunakna cara-cara yang juga unik dan berbeda.

  • Koda, Seperti penutup, struktur teks anekdot yang terakhir ialah Koda. Koda merupakan bagian yang menutup cerita dalam teks tersebut.

  1. Perbedaan teks anekdot dengan humor

= Teks anekdot adalah teks singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Humor adalah teks singkat yang yang bertujuan untuk menghibur pembacanya.

Perbedaan humor dan anekdot lainnya adalah dari;

-Ide cerita

Humor: Rekaan penulis

Anekdot: peristiwa nyata


-Isi

Humor: membahas pemasalahan sehari-hari atau masalah yang umum ditemui

Anekdot: membahas permasalahan politik atau permasalahan yang berhubungan dengan orang banyak


-Fungsi komunikasi

Humor: menghibur pembaca.

Anekdot: menyampaikan kritikan atau sindiran secara halus

 

  1. Tujuan dan fungsi teks anekdot

= Tujuan : untuk mengungkapkan keadaan sebenarnya atau menggambarkan sifat karakter seseorang, untuk membangkitkan tawa bagi pembaca, sebagai sarana penghibur, dan sebagai sarana kritik.

   

Fungsi anekdot sebagai cerita singkat dibagi menjadi dua, yaitu fungsi primer dan fungsi sekunder.


Fungsi primer teks ini adalah sebagai sarana ekspresi ketidakpuasan, kemarahan, dan kejengkelan terhadap suatu hal yang secara umum sudah diketahui oleh masyarakat.

Fungsi sekunder teks ini adalah sebagai hiburan dengan analogi atau contoh dalam menjelaskan sesuatu.

  1. Tuliskan isi teks anekdot

=  Teks anekdot merupakan teks singkat yang berisi tentang kritikan mengenai politik, sosial, ekonomi atau hal lainnya yang dibalut dengan guyonan atau humor. Teks anekdot sering dijumpai dalam bentuk percakapan atau dialog atau gambar cerita.

 

  1. Ciri-ciri teks anekdot

= Berupa teks perumpamaan, menceritakan tokoh-tokoh penting, terdapat unsur humor, dan terdapat kritikan.


  1. Unsur kebahasaan teks anekdot dan jelaskan


  • Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang membuat pembaca tertawa geli atau setidaknya tersenyum bahkan membuat jengkel dan konyol.


  • Terdapat Retorik atau pertanyaan yang tidak perlu dijawab.


  • Kosakata gaul, yang digunakan diwarnai kata-kata gaul yaitu kata-kata yang digunakan dalam situasi akrab. Misalnya, Kenapa, biarin, gitu, enggak, dsb.


  • Verba material sering dipakai untuk menyatakan kegiatan fisik seperti menulis, membaca, memukul, dsb.


  • Majas, majas (gaya bahasa) metafora dan personifikasi. Majas metafora adalah majas yang menggunakan kata atau kelompok kata untuk menyatakan perbandingan berdasarkan persamaan.


  • Konjungsi, konjungsi yang sering digunakan adalah konjungsi temporal yang menyatakan urutan waktu.

Pengertian, fungsi, tujuan, isi, dan ciri-ciri teks anekdot