Soft Skills dan Hard Skills

Tugas 1 Prakarya dan Kewirausahan

Mengenal Soft Skills dan Hard Skills

Pertama-tama perlu diketahui kalau Soft Skills adalah kemampuan seseorang dalam mengatur dirinya sendiri dan kemampuan berhubungan dengan orang lain. Meski berhubungan dengan orang lain, seseorang tidak dapat melihat bakat atau skills orang lain, karena Soft skills bersifat tidak dapat dilihat atau dirasakan. Kecuali kalau sudah mengenal orangnya langsung.

Hard skill adalah keahlian utama yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan lebih tepatnya ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Intinya Hard Skills adalah bakat yang sangat diperlukan dan dapat dilihat oleh orang lain.

Kedua Skills ini jelas sangat dibutuhkan untuk mencari pekerjaan di jaman yang sudah maju seperti ini, apalagi untuk generasi Z. Kesimpulan yang didapat adalah keduanya hard skill memang sangat dibutuhkan, namun apabila hanya hard skill tanpa soft skill maka sia-sia.

elearnningindustry.com

Suatu perusahaan menginginkan bakat dan kepribadian yang baik, kepribadian yang baik merupakan soft skills. Di dalam dunia karir, orang yang diperlukan pertama adalah soft skills nya, lalu hard skills nya.

Untuk meningkatkan kedua skills tersebut bisa dengan mengasahnya setiap hari dengan cara selalu menghormati orang lain, banyak bersosialisasi dengan orang lain, menerapkan prinsip hidup, dan lain-lain.

Untuk Generasi Z wajib memiliki skills ini supaya bisa mengimbangi kehidupan yang sudah maju.

Soft Skills dan Hard Skills